Minggu, 03 Mei 2009

Istilah-istilah yang sering dijumpai di Perpustakaan

Istilah-istilah yang sering dijumpai di Perpustakaan
Bagi pengunjung yang tidak mengenal Perpustakaan Daearah Sidoarjo sama sekali dan akan mengunjunginya dalam dekat, disinilah Anda dapat belajar dan mengenal lebih dekat tentang Perpustakaan Daerah Sidoarjo
Berikut ini istilah-istilah yang sering anda jumpai di perpustakaan :
Abstrak
Ringkasan isi sebuah artikel, buku atau penerbitan lainnya
Artikel
Karangan (tulisan) seseorang atau beberapa orang dengan topik tertentu yang dimuat di jurnal, majalah, surat kabar, ensikopedi atau terbitan berkala lainnya.
Available
Status koleksi yang muncul di katalog jika koleksi tidak dipinjam
Bibliografi
1. Daftar referensi dari sebuah hasil karya baik berupa buku, artikel, ataupun sumber-sumber elektronik pada suatu bidang tertentu. Bibliografi biasanya berada di bagian akhir dari halaman buku, artikel atau publikasi lainnya. Lihat Daftar Referensi
2. Koleksi referensi yang berisi informasi berupa daftar koleksi pada bidang ilmu atau lembaga tertentu.
Buku Wajib
Buku yang dipakai sebagai bahan pengajaran pada mata kuliah tertentu. Buku wajib di Perpustakaan diberi kode koleksi dan hanya dapat dipinjam 1 hari
CheckOut
Status koleksi yang muncul di katalog jika koleksi sedang dipinjam.
Pintu Masuk
Pintu masuk ke ruangan perpustakaan yang terbuka dengan membaca data pengunjung , dengan cara memberikan kartu identitas pengguna Perpustakaan seperti Kartu Anggota Perpustakaan, KTM, Kartu Pegawai, kartu tamu, dll pada alat bacanya.
Daftar Referensi
Kumpulan sumber informasi yang digunakan dalam sebuah penulisan, yang disusun secara alfabetis. Lihat Bibliografi
Database
Kumpulan dari data yang terorganisasi dan disimpan pada media komputer, sehingga memudahkan pencarian.
ILC/Independent Learning Center
Ruang baca perpustakaan yang berada di perpustakaan.
Index
Alat bantu pencarian/reference tool baik berupa daftar pengarang, judul atau subyek dari sebuah database atau buku


Jurnal

Publikasi yang memuat/berisi artikel-artikel ilmiah/hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, akademisi, peneliti atau praktisi di sebuah bidang tertentu.
Katalog Perpustakaan
Daftar koleksi perpustakaan. Daftar ini bisa berupa kartu yang dijajar dengan aturan tertentu atau berupa program komputer/online yang bisa diakses dari alamat tertentu. Katalog Perpustakaan berupa program komputer yang dapat diakses Pencarian dapat dilakukan berdasarkan nama pengarang, judul koleksi, subyek, nomor panggil dan lain-lain.
Kode Koleksi
Kode berupa huruf dan/atau angka yang menunjukkan jenis koleksi. Kode koleksi menunjukkan lokasi sebuah koleksi berada. Kode buku di Perpustakaan terletak sebelum nomor klasifikasi pada nomor panggil koleksi.
Koleksi Referensi
Publikasi dengan kode koleksi (R) di Perpustakaan. Koleksi ini bersifat penunjukan, tidak untuk dibaca secara keseluruhan, seperti kamus, ensiklopedi, handbook, manual, buku/laporan tahunan, data statistik, atlas, dsb.
Majalah
Terbitan berkala yang bersifat popular, biasanya dibaca untuk mengetahui berita-berita terbaru, kejadian-kejadian terbaru, bertujuan hiburan atau hobi. Didalamnya banyak dimuat iklan-iklan komersial.
Nomor Panggil
Adalah nomor berupa kombinasi angka dan huruf yang biasanya terdiri dari kode koleksi, nomor klasifikasi koleksi, huruf tanda nama pengarang dan/atau judul koleksi. Nomor ini digunakan untuk mengenali dan menunjukkan lokasi sebuah koleksi di perpustakaan. Penempatan koleksi di rak disusun berdasarkan nomor panggil koleksi.
Pandang Dengar/Audio Visual
Media informasi berupa film, tape, VCD, televisi,dan bahan elektronik lainnya yang menggunakan media pendengaran dan visual.

Ruang khusus Internet
Bahwasanya Perpustakaan Daerah Sidoarjo mempunyai 2 ruangan / tempat khusus. Pertama tempat yang disediakan bagi anggota perpustakaan untuk menggunakan internet. Kedua tempat untuk mengakses informasi data dari internet, ditempat ini pengguna harus membawa laptop sendiri
Pemesanan
Pemesanan buku yang sedang dipinjam oleh pengguna lain. Pemesanan dilakukan dengan mengisi formulir pemesanan di layanan Sirkulasi, dengan menyebutkan nomor induk koleksi dan tanggal pengembalian.
Periodical/Serial
Publikasi yang diterbitkan secara berkala seperti majalah, jurnal, surat kabar, bulletin, komik, cerita bergambar dsb.


Perpanjangan
Penambahan waktu peminjaman koleksi. Perpanjangan koleksi di Perpustakaan diberikan selama 1 minggu, dengan jumlah maksimal 1 kali perpanjangan, jika tidak sedang dipesan oleh pengguna lain. Perpanjangan dilakukan di layanan Sirkulasi.
PPK/ Pelayanan Perpustakaan Keliling
Pelayanan perpustakaan keliling merupakan salah satu bagian pelayanan yang diberikan oleh pihak perustakaan untuk melayani masyarakat yang ada didaerah terpencil dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam membaca .
Record
Daftar hasil penelusuran/pencarian di katalog maupun database lainnya, biasanya berupa daftar judul, pengarang, subyek, dan informasi penerbitan lainnya.
Referensi
Jenis layanan di perpustakaan yang membantu pengguna untuk memperoleh data/informasi yang dibutuhkan dengan cara membimbing pengguna menggunakan fasilitas perpustakaan, menjawab pertanyaan pengguna, mencarikan ke pusat informasi/perpustakaan lain.
Sirkulasi
Jenis layanan di perpustakaan yang melayani peminjaman, pengembalian, perpanjangan koleksi, beserta layanan lainnya, seperti peminjaman kunci locker, pendaftaran anggota baru dll.
Subject Heading
Kata atau kata kunci yang terorganisir, digunakan untuk mencari/menelusur koleksi pada suatu subyek tertentu pada katalog atau index periodical/serial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar